HEADER

Thursday, January 7, 2021

Cara Menuju Rajaampat

WAISAI, KOMPAS.com - Berwisata ke Raja Ampat kerap identik dengan harga yang mahal. Untuk menuju Sorong, Papua Barat, dan menyeberang ke Raja Ampat, ada dua pilihan penerbangan dari Jakarta. Baca juga: Menikmati Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, Perpaduan Pesona Alam dan Seni 1. Penerbangan rute transit Pertama, penerbangan dengan dua rute. Dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, pesawat akan transit di salah satu daerah pemberhentian seperti Makassar di Sulawesi Selatan, Ambon, Maluku, atau Surabaya, Jawa Timur. Setelah itu, pesawat melanjutkan perjalanan ke Bandar Udara Domine Eduard Osok di Sorong. Total waktu penerbangan dan singgah bisa mencapai 7 hingga 13 jam. 2. Penerbangan langsung Pilihan kedua, memilih penerbangan langsung atau direct flight dari Bandara Soekarno- Hatta menuju Bandara Domine Eduard Osok, Sorong. Waktu penerbangan sekitar 4 hingga 5 jam. Tarif penerbangan baik langsung atau yang transit mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 7 juta-an sekali jalan. Maklum, jarak yang ditempuh untuk menuju Sorong di Papua Barat, cukup jauh. Apalagi dari Jakarta, yang membutuhkan 4-5 jam waktu penerbangan untuk direct flight. Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menyelam di Raja Ampat? Setelah sampai di Sorong, wisatawan harus menempuh perjalanan via laut menuju Raja Ampat. Di sisi lain, beberapa wisatawan menyebutkan bahwa pesona yang ditawarkan Raja Ampat tak bisa dinilai dengan jumlah uang yang dikeluarkan.

Namun, saat ini maskapai penerbangan AirAsia Indonesia membuka rute baru berupa penerbangan langsung dari Jakarta menuju Sorong. Tarif yang ditawarkan juga menarik. AirAsia menawarkan promo mulai Rp 2,2 juta untuk sekali jalan. Selain memangkas waktu perjalanan, dengan rute terbaru dari AirAsia Indonesia ini juga memotong biaya yang harus dikeluarkan untuk tiket pesawat. Kehadiran maskapai ini disambut baik oleh agen perjalanan wisata, salah satunya Garnis Tour and Travel (G-Tour). "Dengan masuknya AirAsia, bisa Rp 5 juta pulang pergi. Kita akan kerja sama maskapai untuk bundling paket," ujar Chief Executive Officer G-Tour Ronald R Tambunan di Waisai, Raja Ampat, Jumat (18/10/2019). Menurut Ronald, tawaran kerja sama disambut baik oleh pihak maskapai. Baca juga: Tahun 2020, Bakal Ada Mini Cruise Rute Jakarta-Raja Ampat-Bali Salah satu bentuknya, G-Tour bekerja sama dengan AirAsia Indonesia dalam penerbangan untuk Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 di Waisai, Raja Ampat.

Meski demikian, menurut Ronald, diharapkan pembangunan kembali Bandara Raja Ampat dapat segera diwujudkan oleh pemerintah. Dengan begitu, pesawat tak perlu lagi berhenti di Sorong. Wisatawan dapat langsung mendarat di Raja Ampat. "Harapan kami ada international airport di Raja Ampat. Itu akan cut cost (memotong biaya)," ujar Ronald.


Newer Post
Previous
This is the last post.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Menuju Rajaampat Rating: 5 Reviewed By: Jazari Abdul Hamid

Popular Posts

Scroll to Top